sangÇAKAku

Di Bawah Tiang Bendera

statistic

JagadLacak

Loading

SunRise

document-lisence

seluruh dokumen di 'Jagad-Kahiyangan~POST' ini, dapat digunakan, dimodifikasi, dan disebarluaskan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan tetap menyertakan sumber-nya.

_____________________________________________________

JagadKahiyangan ©2014

sangElangPerkasa

sangElangPerkasa
sangGarudaÇakti

Daniel-Sahuleka

KATA-KATA ber-KATA

Hosting from Joomla (GRATIS)

Free Website Hosting Free Website Hosting

Saturday, June 20, 2009

nano-satelit--Delfi-n3Xt --jagad-SAINS

Mahasiswa RI Luncurkan Satelit di Belanda 2010
Merintis Kebangkitan Dunia Antariksa Indonesia dari Belanda
Kamis, 18 Juni 2009 | 10:31 WIB

Laporan Wartawan Persda Yon Daryono dari Belanda

DELFT, KOMPAS.com — Kemampuan mahasiswa Indonesia di luar negeri ternyata cukup membanggakan nama Tanah Air. Dwi Hartanto -- mahasiswa master di Universitas Teknologi Delft (TU Delft) -- Belanda, rencananya akan meluncurkan nanosatelit yang dinamakan Delfi-n3Xt pada pertengahan tahun 2010.

selengkapnya...........................................................................

Bimasakti -- Andromeda --jagad-SAINS

Galaksi Bimasakti dan Andromeda Mendekat
Kamis, 11 Juni 2009 | 09:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Data dari peneropongan puluhan teleskop raksasa di dunia telah mengungkap proses yang terjadi di jagad-raya. Diketahui Galaksi Bimasakti dan Andromeda atau M31 bergerak mendekat. Dalam dua miliar tahun, dua galaksi itu akan mulai bertabrakan. Saat itu akan mengakibatkan kiamat bagi bumi yang berada di Galaksi Bimasakti.

selengkapnya......................................................

danau di Mars -- jagad-SAINS

Bukti Pertama Ada Danau di Mars
Kamis, 18 Juni 2009 | 15:07 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Ngarai dalam dan panjang serta bekas pantai barangkali merupakan bukti paling jelas mengenai keberadaan danau di permukaan Mars. Menurut beberapa ilmuwan, Rabu (17/6), diduga danau itu pernah berisi air, tetapi kini sudah kering. Gambar dari sebuah kamera yang disebut High Resolution Imaging Science Experiment di pesawat Reconnaissance Orbiter menunjukkan air memotong ngarai sepanjang 50 kilometer. Demikian diungkapkan tim di University of Colorado -- Boulder.

selengkapnya......................................................

NASA--satelit--bulan--jagad-SAINS

NASA Luncurkan Satelit Pencari Air ke Bulan
Jumat, 19 Juni 2009 | 09:00 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — NASA meluncurkan dua satelit penelitian ke antariksa, Kamis (18/6), dalam langkah pertama perjalanan panjang untuk mengembalikan manusia ke Bulan pada 2020. Dua misi Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) dan LCROSS diluncurkan dengan menggunakan roket~Atlas-V dari Pusat Antariksa Kennedy--Florida, dalam misi penelitian bersejarah ke Bulan guna mencari sumber-air dan tempat pendaratan bagi satelit Bumi. Cuaca buruk menunda peluncuran tersebut selama 20 menit, sebelum para pejabat dari Badan Antariksa AS memberi lampu hijau bagi peluncuran misi itu.

selengkapnya....................................................

Thursday, June 18, 2009

KPU--Hacker--Jagad-TI

Situs KPU dijebol Hacker
Pemilu legislative baru saja berlalu. Namun, masalah baru juga muncul mengiringi kesuksesan pelaksanaan Pemilu, Kamis (09/4) lalu. Seperti contoh, Pusat Tabulasi Nasional Pemilu 2009 (Real Count) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah diserang hacker selama 3 hari kemarin, namun kini sudah berhasil dideteksi sumbernya, lalu Ketua Tim IT KPU -- Husni Fahmi, juga sudah melaporkan kasus ini kepada Telkom untuk memblokir alamat IP yang diketahui sebagai sumbernya. Hacker menyerang Real Count KPU dengan mengacaukan tampilan perhitungan suara, mengubah angka tabulasi data dan mengubah tampilan website. Husni menyatakan bahwa IP hacker diketahui berasal dari pribumi, walaupun ia tidak menyebutkannya secara rinci.
selengkapnya...............................................................................

Tuesday, June 16, 2009

Bahasa-Indonesia -- mendunia

2003

Pusat Pembelajaran Bahasa Indonesia

tersebar di Seluruh Dunia

sumber; 'Indonesian-Student'

JAKARTA-Posisi Bahasa-Indonesia untuk menjadi salah satu bahasa warga dunia semakin kuat. Ini terbukti dari semakin berkembangnya pusat pembelajaran Bahasa-Indonesia yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan, saat ini sudah terdapat 203 pusat pembelajaran Bahasa-Indonesia di sejumlah negara dengan jutaan peserta didik dan alumninya.

Demikian dipaparkan oleh Kepala Pusat Bahasa Dendy Sugono ketika bertemu pengurus Pusat Forum Bahasa Media Massa (FBMM) di Jakarta -- Rabu, (13/5). Rombongan FBMM yang dipimpin ketua umumnya, TD Asmadi, menyampaikan rencana pelaksanaan Konvensi 111 FBMM dan Seminar Nasional Bedah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) IV di Salatiga--Jawa-Tengah (4/5).

Dendy Menyebutkan, dalam lima tahun ke depan akan dibuka lagi 35 pusat pembelajaran bahasa Indonesia di sejumlah negara. ”Penutur Bahasa-Indonesia pun jumlahnya kini lebih dari 200juta, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Ini jumlah yang sangat besar, bahkan lebih besar dibandingkan dengan penutur Bahasa-Arab”, katanya.

Menurut Dendy, Bahasa-Indonesia mempunyai persyaratan yang cukup untuk menjadi salah satu bahasa yang mendunia. Selain jumlah penurunannya yang besar, Bahasa-Indonesia pun mudah dipelajari. Dari sisi jumlah penutur, Bahasa-Indonesia kini menempati urutan ke-lima setelah penutur Bahasa-Mandarin, Hindi (india), Inggeris dan Perancis. Jumlah istilah dalam berbagai bidang yang sudah di-Bahasa-Indonesia-kan mencapai lebih dari 405.00 istilah.

Asmadi menambahkan FBMM akan terus berusaha mengembangkan Bahasa-Indonesia sehingga sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan diterima masyarakat internasional. Karena itu, ke depan organisasi ini pun akan berkonsentrasi pada pemasyarakatan Bahasa-Indonesia ke mancanegara. *dini

_____________________________________________________________________________________

(sumber; tabloid 'Indonesian-Student' -- edisi-40 --edisi-special HUT Indonesian-Student ke-2 -- tahun-ii -- 30-Mei-2009 -- hlm. 2)

buisness

Daily Calendar

nawala

Jajak-Pendapat

Amazon SearchBox

Ramekakat

..

jagad-slide

slides~Jagad-Kantata

Jagad-Otomotif Slideshow: Jagad.kahiyangan’s trip to Jakarta, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Jakarta slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.

ODE to CHINE

JerusalemOnline