sangÇAKAku

Di Bawah Tiang Bendera

statistic

JagadLacak

Loading

SunRise

document-lisence

seluruh dokumen di 'Jagad-Kahiyangan~POST' ini, dapat digunakan, dimodifikasi, dan disebarluaskan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan tetap menyertakan sumber-nya.

_____________________________________________________

JagadKahiyangan ©2014

sangElangPerkasa

sangElangPerkasa
sangGarudaÇakti

Daniel-Sahuleka

KATA-KATA ber-KATA

Hosting from Joomla (GRATIS)

Free Website Hosting Free Website Hosting

Tuesday, June 16, 2009

Bahasa-Indonesia -- mendunia

2003

Pusat Pembelajaran Bahasa Indonesia

tersebar di Seluruh Dunia

sumber; 'Indonesian-Student'

JAKARTA-Posisi Bahasa-Indonesia untuk menjadi salah satu bahasa warga dunia semakin kuat. Ini terbukti dari semakin berkembangnya pusat pembelajaran Bahasa-Indonesia yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan, saat ini sudah terdapat 203 pusat pembelajaran Bahasa-Indonesia di sejumlah negara dengan jutaan peserta didik dan alumninya.

Demikian dipaparkan oleh Kepala Pusat Bahasa Dendy Sugono ketika bertemu pengurus Pusat Forum Bahasa Media Massa (FBMM) di Jakarta -- Rabu, (13/5). Rombongan FBMM yang dipimpin ketua umumnya, TD Asmadi, menyampaikan rencana pelaksanaan Konvensi 111 FBMM dan Seminar Nasional Bedah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) IV di Salatiga--Jawa-Tengah (4/5).

Dendy Menyebutkan, dalam lima tahun ke depan akan dibuka lagi 35 pusat pembelajaran bahasa Indonesia di sejumlah negara. ”Penutur Bahasa-Indonesia pun jumlahnya kini lebih dari 200juta, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Ini jumlah yang sangat besar, bahkan lebih besar dibandingkan dengan penutur Bahasa-Arab”, katanya.

Menurut Dendy, Bahasa-Indonesia mempunyai persyaratan yang cukup untuk menjadi salah satu bahasa yang mendunia. Selain jumlah penurunannya yang besar, Bahasa-Indonesia pun mudah dipelajari. Dari sisi jumlah penutur, Bahasa-Indonesia kini menempati urutan ke-lima setelah penutur Bahasa-Mandarin, Hindi (india), Inggeris dan Perancis. Jumlah istilah dalam berbagai bidang yang sudah di-Bahasa-Indonesia-kan mencapai lebih dari 405.00 istilah.

Asmadi menambahkan FBMM akan terus berusaha mengembangkan Bahasa-Indonesia sehingga sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan diterima masyarakat internasional. Karena itu, ke depan organisasi ini pun akan berkonsentrasi pada pemasyarakatan Bahasa-Indonesia ke mancanegara. *dini

_____________________________________________________________________________________

(sumber; tabloid 'Indonesian-Student' -- edisi-40 --edisi-special HUT Indonesian-Student ke-2 -- tahun-ii -- 30-Mei-2009 -- hlm. 2)

No comments:

Post a Comment

boleh meng-kritik dan/atau saran, yang sifatnya membangun.

buisness

Daily Calendar

nawala

Jajak-Pendapat

Amazon SearchBox

Ramekakat

..

jagad-slide

slides~Jagad-Kantata

Jagad-Otomotif Slideshow: Jagad.kahiyangan’s trip to Jakarta, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Jakarta slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.

ODE to CHINE

JerusalemOnline