sangÇAKAku

Di Bawah Tiang Bendera

statistic

JagadLacak

Loading

SunRise

document-lisence

seluruh dokumen di 'Jagad-Kahiyangan~POST' ini, dapat digunakan, dimodifikasi, dan disebarluaskan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan tetap menyertakan sumber-nya.

_____________________________________________________

JagadKahiyangan ©2014

sangElangPerkasa

sangElangPerkasa
sangGarudaÇakti

Daniel-Sahuleka

KATA-KATA ber-KATA

Hosting from Joomla (GRATIS)

Free Website Hosting Free Website Hosting

Monday, March 2, 2009

otomotif

Si Penjaga Mulut Motor
2009-02-27 21:56:20

1507saringan-axl-1.jpgKata pepatah, mulutmu harimau-mu. Kira-kira maknanya sama dengan anjuran agar kita menjaga mulut mesin. Kalo gak bisa jaga mulut kita, maka mulut harimau yang akan memangsa. Jika mulut mesin yang tak dijaga, semua benda bisa masuk dan merusak mesin. Nah, ini pengalaman pribadi awak redaksi Em-Plus. Itu lho, yang kehilangan sepatu pas mewawancara Valentino Rossi? Ya, Niko Fiandri. Doi emang kalo bicara nyaring, mulutnya terbuka lebar. Tapi bukan mulut itu yang gak terjaga. Melainkan mulut mesin Kawasaki Blitz-nya yang tak terkawal. Moncong karbu yang kudu dilindungi filter, mangap bebas karena tak diisi busa penyaring. Akibatnya luar biasa. Klep in dan out pengok. Uang ratusan ribu melayang buat perbaikan. Sebabnya, sepele. Dua butir besi mirip biji nyelonong lewat boks filter, lalu ke karbu dan nyusup ke ruang bakar. Untung gak sampai merusak piston. 1508saringan-axl-2.jpg Juki alias Kiky Goestiawan langsung buka mulut lebar-lebar. Woy, awas lalat masuk tuh! Kasus Niko mungkin karena orang iseng masukin butiran besi ke boks filter. “Banyak emang yang sembrono soal filter karburator. Terutama yang udah memodif mesin ala balap. Dipikir, buat lancarin aliran udara, filter dicabut. Kan, itu satu-satunya penyaring kotoran ke ruang bakar,” cerocosnya. Makin parah, gak cuma filter dilepas, boks pun dicopot. Yang ini risikonya, kotoran makin gampang masuk ke mesin. Saat mesin hidup, udara mengalir lewat karbu ke mesin. “Pas kita puntir gas, skep terbuka, makin besar kemungkinan debu atau bahkan butiran pasir nyelonong ke ruang bakar,” tukas Juki yang bengkelnya di Jl. Panjang, Jakarta Barat kini jadi rujukan pemakai motor Bajaj. Makanya motor tanpa filter karburator akan lebih cepat rusak. “Yang benar, kalau nyeting karburator, usahain pilot dan main-jet yang dipakai pas dengan suplai udara yang lewat dari filter,” anjur Juki. Jadi, jagalah mulut motormu. Kalo kotor, ya bersihin. Penulis/Foto : Aries/Herry Axl

____________________________________________________________________

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ (sumber; Motorplus)

No comments:

Post a Comment

boleh meng-kritik dan/atau saran, yang sifatnya membangun.

buisness

Daily Calendar

nawala

Jajak-Pendapat

Amazon SearchBox

Ramekakat

..

jagad-slide

slides~Jagad-Kantata

Jagad-Otomotif Slideshow: Jagad.kahiyangan’s trip to Jakarta, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Jakarta slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.

ODE to CHINE

JerusalemOnline