sangÇAKAku

Di Bawah Tiang Bendera

statistic

JagadLacak

Loading

SunRise

document-lisence

seluruh dokumen di 'Jagad-Kahiyangan~POST' ini, dapat digunakan, dimodifikasi, dan disebarluaskan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan tetap menyertakan sumber-nya.

_____________________________________________________

JagadKahiyangan ©2014

sangElangPerkasa

sangElangPerkasa
sangGarudaÇakti

Daniel-Sahuleka

KATA-KATA ber-KATA

Hosting from Joomla (GRATIS)

Free Website Hosting Free Website Hosting

Sunday, March 1, 2009

English-education

Pelatihan Bahasa Inggris dari Cambridge University bagi 450 Guru

By Republika Newsroom Minggu, 01 Maret 2009 pukul 14:33:00

JAKARTA -- Indonesia saat ini memiliki banyak sekolah negeri dan swasta yang mengubah cara penyampaian atau pengajaran beberapa mata pelajaran seperti matematika dan sains dengan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, kemampuan pengajaran bahasa Inggris menjadi penting untuk dapat menghasilkan siswa yang mampu berbahasa Inggris secara baik dan benar. ''Untuk itulah kami mengadakan pelatihan peningkatan kemampuan mengajar bahasa Inggris kepada guru-guru bahasa Inggris SMP dan SMA pada akhir Februari lalu. Pelatihan yang diadakan bekerjasama dengan Mentari Books Indonesia ini diikuti tsekitar 450 guru-guru bahasa Inggris SMP/SMA dari seluruh Indonesia, kecuali Propinsi Ambon, Maluku, dan Papua,'' ujar Direktur Cambridge University Press untuk wilayah Asia Pasifik Chris Boughton dalam siaran Ahad (1/3). Menurut Boughton, lembaganya merupakan lembaga sosial di bawah lembaga pendidikan tinggi terkemuka dunia asal Inggris, Cambridge University. Pelatihan peningkatan kemampuan mengajar bahasa Inggris, lanjut dua, diadakan dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Inggris di kalangan pelajar SMP/SMA di Indonesia. ''Cambridge memiliki perhatian dan kepedulian terhadap kualitas pengajaran bahasa Inggris. Selain karena jumlah penduduknya yang banyak, Indonesia juga menjadi contoh dari negara-negara lain dalam hal demokrasi dan toleransi,'' jelasnya. Lebih lanjut Boughton menjelaskan, sekolah-sekolah menengah di Indonesia yang telah mengubah cara pengajarannya dalam bahasa Inggris banyak menggunakan buku-buku terbitan Cambridge. Di satu sisi, hal ini merupakan pasar yang sangat menjanjikan bagi Cambridge. Di sisi lain, pihaknya juga memiliki tanggung jawab moral agar penyampaian maupun pengajaran bahasa Inggris yang menggunakan buku-buku bahasa Inggris terbitan Cambridge dilakukan secara baik. ''Sehingga para siswa mudah mengerti,'' tegasnya. Managing Director Mentari Books Indonesia yang menjadi pelaksana dari pelatihan tersebut, Anna Rimba Phoa menambahkan, pihak Cambridge mengirimkan dua tenaga pengajar dan instruktur pelatihan yang berpengalaman di tingkat internasional. Mereka adalah Professor Chuck Sandy, Guru Besar Bahasa Inggris dan instruktur pelatihan guru sekaligus pengarang terkemuka dunia. Serta Stuart Vinnie. Topik pelatihan yang diberikan, kata Anna, sangat menarik, yaitu tentang Critical Thinking atau mengajarkan kemampuan kegiatan dan aktivitas yang dapat memancing berpikir kritis dalam belajar bahasa Inggris. Dan Bringing the real world into the classroom yakni bagaimana membawa situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari ke dalam ruang kelas sehingga materi pembelajaran menjadi lebih relevan dan menarik untuk siswa. eye/fif

____________________________________________________________________

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ (sumber: REPUBLIKA)

No comments:

Post a Comment

boleh meng-kritik dan/atau saran, yang sifatnya membangun.

buisness

Daily Calendar

nawala

Jajak-Pendapat

Amazon SearchBox

Ramekakat

..

jagad-slide

slides~Jagad-Kantata

Jagad-Otomotif Slideshow: Jagad.kahiyangan’s trip to Jakarta, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Jakarta slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.

ODE to CHINE

JerusalemOnline